Penyebab Panas dan Muntah Pada Anak Serta Cara Mengatasinya

Kondisi tubuh yang masih lemah membuat anak cenderung rentan terkena gangguan kesehatan. Salah satu gangguan kesehatan yang cukup sering menyerang adalah panas dan muntah. Ya, bisa dikatakan jika panas dan muntah pada anak adalah salah satu gangguan kesehatan yang cukup serius dan membuat anak merasa lemah karena kehabisan tenaga.

Panas dan muntah yang terjadi pada anak disebabkan oleh beberapa hal berbeda yang tentu harus diketahui dan diwaspadai orang tua. Beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah:

  • Adanya infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan anak 
  • Anak mengalami keracunan pada makanan yang mereka konsumsi 
  • Adanya cedera kepala yang terjadi
  • Mabuk di perjalanan
  • Usus buntu

Beberapa hal di atas merupakan sebab umum kenapa panas dan muntah bisa terjadi pada si kecil. Namun, dari sebagian besar kasus yang terjadi, masalah kesehatan ini terjadi dikarenakan adanya infeksi pada pencernaan si kecil.

Apabila masalah panas dan muntah pada anak tersebut terjadi, maka Anda harus bersiap untuk melakukan penanganan awal. Tentu saja, penanganan awal menjadi penting agar gangguan kesehatan ini tidak semakin buruk dan cenderung lebih mudah diatasi.

Beberapa cara awal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah mual dan muntah pada anak diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mencegah anak dehidrasi dengan cara memenuhi kebutuhan cairan si kecil. Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda memberikan air putih hangat untuk dikonsumsi 
  2. Hindari memberikan makanan padat pada si kecil terutama jika muntah belum mereda. Untuk saran makanan yang diberikan, Anda bisa memberikan beberapa jenis makanan seperti pisang, kentang rebut, nasi yang lebih lembut dan lainnya
  3. Memberikan jus jahe dan madu untuk menghangatkan badan. Jahe dan madu merupakan herbal yang sangat baik dengan beragam nutrisi dan manfaat terkandung di dalamnya. Pemberian jahe dan madu selain bisa meredakan demam, juga akan membuat tenggorokan si kecil reda sehingga muntah pun tidak akan terjadi lagi.

Beberapa hal di atas bisa dijadikan cara yang tepat untuk mengatasi panas dan muntah pada anak yang terjadi. Sebagai tambahan, Anda jangan panik ketika melihat si kecil mengalami gangguan kesehatan ini.

Deskripsi: panas dan muntah pada anak menjadi gangguan tubuh yang cukup sering terjadi. Namun, ada beberapa langkah awal yang bisa dilakukan sebagai solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Opensignal Rilis Pengalaman Jaringan Seluler, Telkomsel Unggul di Download, Tri Mantap untuk Game  
Next post Sejarah dan Perkembangan Kripto