Opensignal Rilis Pengalaman Jaringan Seluler, Telkomsel Unggul di Download, Tri Mantap untuk Game  

Opensignal kembali merilis laporan pengalaman pengguna jaringan seluler di Indonesia untuk edisi Juni 2021. Operator Telkomsel masih mempertahankan posisi jawara untuk kategori yang unggul di kecepatan download. Sementara provider Tri Indonesia menyambut predikat terbaik untuk pengalaman bermain game online.

Dalam laporannya, Opensignal mencatat pengalaman kecepatan unduhan meningkat pada lima operator yakni Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan Tri. Kecepatan unduhan Telkomsel tercatat bertengger di angka 13,4 Mbps atau naik 0,8 Mbps. Menyusul di posisi kedua ada XL Axiata yang berhasil mengejar ketertinggalan dari 1,3 Mbps menjadi 12,6 Mbps, atau naik 11,5 persen.

Selain unggul di kecepatan unduhan, Telkomsel juga memimpin di kategori pengalaman video. Operator yang baru saja melakukan refreshment branding itu menyabet skor 62,7 dari skala 100. Nilai tersebut masuk dalam kategori Bagus (55 65). Peningkatan signifikan di kategori pengalaman video juga dialami Indosat.

Operator yang baru menggelar jaringan 5G itu berhasil naik dari 55,2 poin menjadi 59,9 poin. Berhasil menyabet pengalaman game onlin terbaik, Tri Indonesia juga berpredikat sebagai operator terbaik dalam menggunakan aplikasi pesan instan berkat kualitas audio yang diberikan. Skor yang diperoleh oleh Tri adalah 78,6 poin, unggul tipis dari Telkomsel yang berada di peringkat kedua dengan perolehan 76,1.

Untuk kategori jangkauan 4G, Telkomsel memiliki pengalaman jangkauan 4G terbaik dengan nilai 8,5 poin dari 10 poin. Meski begitu, Smartfren masih mempertahankan posisi pertamma sebagai operator dengan ketersediaan 4G dengan skor 97.9. Secara umum, Opensignal menilai pengalaman jaringan seluler di Indonesia telah meningkat dibandingkan dengan laporan sebelumnya.

Meski 5G masih dalam tahap awal dan terus dikembangkan, sejumlah besar proporsi dari populasinya masih bergantung pada teknologi jaringan 3G lama dan 4G.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Gus Halim: PPKM Mikro, Kebijakan Ampuh Hentikan Penularan Covid-19
Next post Sejarah dan Perkembangan Kripto