HASIL Portugal vs Jerman Euro 2020, 2 Bek Selecao Cetak Gol Bunuh Diri, Der Panzer Menang 2-4

Portugal baru saja dipermalukan Jerman dengan skor 2 4 dalam laga kedua Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Sabtu (19/6/2021). Selecao das Quinas tampil mengejutkan dengan mencetak gol pembuka pada menit 15 melalui sepakan Cristiano Ronaldo. Sayangnya keunggulan Selecao tidak bertahan lama, tepatnya menit 35 Jerman mampu menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Ruben Diaz.

Empat menit kemudian, bek Portugal lainnya Raphael Guerreiro juga mencetak gol bunuh diri dan membuat Der Panzer berbalik unggul 1 2. Selepas turun minum, Jerman kembali menambah keunggulannya dengan mencetak 2 gol dalam tempo 10 menit. Kedua gol itu diciptakan oleh Kai Havertz menit 51 dan Robin Gosens menit 60.

Pasukan Fernando Santos mampu memperkecil kedudukan pada menit 67 lewat gol Diogo Jota. Gol Jota pun menjadi akhir laga dan Portugal menyerah 2 4 atas Jerman. Atas hasil ini, Jerman merangkak naik ke peringkat dua klasemen Grup F Euro 2020 dengan raihan 3 poin.

Sedangkan Portugal turun ke urutan tiga dengan perolehan poin sama yang dimiliki Jerman. Awal babak pertama dimulai, Jerman langsung mengambil inisiatif permainan menyerang. Kai Havertz menjadi pemain pertama Jerman yang melakukan akselerasi ke lini sayap Portugal.

Winger Chelsea itu mengakhiri akselerasinya dengan sebuah umpan lambung ke dalam kotak penalti lawan. Namun upaya Havertz berhasil diblokir salah satu pemain bertahan Selecao das Quinas. Jerman membuat kejutan pada menit keenam dengan terciptanya gol Robin Gosens.

Gol Gosens ke gawang Rui Patricio dianulir wasit karena terjebak offside lebih dahulu. Pasukan Joachim Loew ini masih mendominasi permainan hingga memasuki menit 10. Menit 12, Der Panzer mendapat peluang emas dari pergerakan Toni Kroos yang masuk ke jantung pertahanan Selecao.

Kroos berhasil menyambut bola yang mengarah kepadanya dengan sebuah tembakan keras. Beruntungnya bola hasil tembakan Kroos masih bisa ditackle oleh bek Portugal. Portugal yang terus menerus mendapat serangan justru mampu membuat Jerman terhenyak dengan gol Cristino Ronaldo pada menit 16.

Berawal dari counter attack, Diogo Jota yang berlari ke pertahanan Jerman berhasil menjangkau umpan panjang dari rekannya. Jota pun mendorong bola itu ke dalam kotak penalti Jerman untuk meneruskannya kepada Ronaldo yang berdiri di sampingnya tanpa penjagaan. Ronaldo pun hanya tinggal menceploskan bola tersebut ke gawang Manuel Neuer.

Skor sementara 1 0 untuk keunggulan Portugal. Portugal mendapat kesempatan tendangan bebas dekat kotak penalti setelah akselerasi William Carvalho mendapat ganjalan dari Havertz. Tepatnya menit 27, Bruno Fernandes yang melaju sebagai eksekusi tendangan bebas mengarahkannya ke dalam kotak penalti.

Upaya umpan yang dikirimkan Bruno ke dalam kotak penalti Jerman tidak bisa dimanfaatkan oleh para pemain Portugal. Serangan Jerman akhirnya membuahkan gol penyama kedudukan di menit 35 lewat Kai Havertz. Proses terjadinya gol memanfaatkan bola tendangan dari Gosens dari dalam kotak penaltii.

Bola tersebut mengarah ke kaki Haverz dan ia hanya tinggal membelokan ke gawang Patricio. Skor pun berubah menjadi imbang 1 1. Empat menit berselang, Jerman berbalik unggul berkat gol bunuh diri yang dicetak Raphael Guerreiro.

Guerreiro salah melakukan intersep bola yang dilepaskan Joshua Kimmich. Alhasil bola tersebut mengalir ke gawangnya sendiri. Gol bunuh diri Guerreiro pun menutup paruh pertama dengan skor 1 2 untuk keunggulan Jerman atas Portugal. Selepas turun minum, Jerman tidak menurunkan tempo permainan menyerangnya.

Tetap dengan bermain menyerang, Jerman mampu memperbesar keunggulannya pada menit 51. Kali ini Havertz berhasil menyematkan namanya sebagai pencetak gol Jerman di Euro 2020. Gol Haverzt pun membawa Jerman menjauh dari Portugal dengan skor 1 3.

Tak butuh waktu lama bagi Jerman untuk memburu gol keempatnya. Hanya berselang 9 menit dari gol Havertz, kini gantian sundulan Robin Gosens membawa Jerman unggul 1 4 atas Portugal. Tertinggal defisit 3 gol, Portugal tidak tinggal diam dengan memasukan beberapa pemain berkarakter menyerang.

Fernando Santos membuat keputusan untuk memasukan Rafa Silva menggantikan William Carvalho. Pergantian ini pun langsung membuahkan hasil sebab permainan menyerang Portugal lebih variatif. Menit 67, Diogo Jota sanggup memperkecil kedudukan lewat golnya memanfaatkan asisst Ronaldo.

Skor pun menjadi 2 4 untuk keunggulan Jerman. Sayang gol Jota dan perubahan pergantian pemain yang dilakukan Portugal tidak bisa merubah keadaan. Wasit mengakhiri laga skor 2 4 tetap bertahan untuk kemenangan Jerman.

Rui Patricio (GK); Nelson Semedo, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro; William Carvalho, Danilo Pereira; Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Diogo Jota; Cristiano Ronaldo. Manuel Neuer (GK); Antonio Rudiger, Mtas Hummels, Matthias Ginter; Robin Gosens, Toni Kroos, Ilkay Gundogan, Joshua Kimmich; Thomas Muller, Kai Havertz; Serge Gnabry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post 9 Parpol Tak Ikut Verifikasi Faktual Pemilu 2024, Perludem Sebut 4 Potensi Problematika Hukumnya
Next post Gus Halim: PPKM Mikro, Kebijakan Ampuh Hentikan Penularan Covid-19